PENERAPAN MODEL PEMBELAJARANCONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS

Satriasa, Gede (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARANCONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS. Widyadari, 21 (26). pp. 1-11. ISSN 1907-3232

[img]
Preview
Text
GEDE SATRIASA.pdf

Download (846kB) | Preview

Abstract

Tujuan melakukan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar IPS Siswa Kelas VII A Semester I SMP Negeri 1 Selemadeg Barat Tabanan Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini dilakukan terhadap 30 subjek penelitian. Cara yang dilakukan adalah memodifikasi gaya pembelajaran lama yang konvensional menjadi cara pembelajaran baru yang bersifat penemuan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning. Penelitian dilakukan dalam dua siklus yang masing-masing siklusnya dilakukan dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Untuk mengumpulkan data hasil penelitian digunakan tes prestasi belajar dan untuk menganalisis datanya digunakan analisis deskriptif. Dilihat dari hasil evaluasi yang telah dilakukan terjadi peningkatan dari data awal dengan rata-rata 63,43, ketuntasan belajar 43,33%, pada siklus I rata-ratanya 64,87 dengan ketuntasan belajar 53,33% meningkat menjadi 69,90 dengan ketuntasan belajar 100,00%. dengan demikian dapat disampaikan simpulan bahwa Penerapan model Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan prestasi belajar IPS Siswa Kelas VII A Semester I SMP Negeri 1 Selemadeg Barat Tabanan tahun pelajaran 2017/2018. Kata kunci : model contextual teacing and learning, prestasi belajar

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Depositing User: LPPM IKIP PGRI bali
Date Deposited: 13 Mar 2020 06:12
Last Modified: 13 Mar 2020 06:12
URI: http://repo.ikippgribali.ac.id/id/eprint/788

Actions (login required)

View Item View Item