PENERAPAN PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DENGAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR KOGNITIF SISWA KELOMPOK B3 DALAM PENGENALAN HURUF SEMESTER I TK NEGERI PEMBINA GIANYAR TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Murni, Ni Nyoman (2019) PENERAPAN PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DENGAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR KOGNITIF SISWA KELOMPOK B3 DALAM PENGENALAN HURUF SEMESTER I TK NEGERI PEMBINA GIANYAR TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Widyadari, 21 (26). pp. 1-17. ISSN 1907-3232

[img]
Preview
Text
NI NYOMAN MURNI , S.Pd.pdf

Download (193kB) | Preview

Abstract

Tujuan dilakukan penelitian tindakan kelas ini pada siswa kelompok B3 di TK Negeri Pembina Gianyar pada semester I tahun pelajaran 2018/2019 adalah untuk meningkatkan prestasi belajar kognitif dalam pengenalan huruf siswa kelompok B3 semester I di TK Negeri Pembina Gianyar melalui penggunaan model Make A Match dengan media gambar. Secara teoritis, hasil penelitian ini diharapkan akan bermanfaat sebagai acuan dalam memperkaya teori dalam rangka peningkatan kompetensi guru. Sedangkan secara praktis penelitian ini diharapkan bermanfaat bagi sekolah, Penelitian tindakan kelas ini melibatkan siswa kelompok B3 subyek penelitan yang dilakukan dalam 2 siklus melalui tahapan-tahapan perencanaan, pelaksanaan, Observasi/ pengamatan dan refleksi. Model Make A Match dengan media gambar dalam kajian ini adalah menekankan pada pembelajaran yang bisa dipergunakan oleh guru dalam praktek pembelajaran secara aktual di lapangan. Tes prestasi belajar merupakan alat yang digunakan dalam mengumpulkan data hasil penelitian yang selanjutnya dianalisis menggunakan analisis deskriptif hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukan adanya peningkatan kemampuan peserta didik mengikuti proses pembelajaran dari rata-rata awal 60,22 meningkat menjadi 65,90 dan meningkat menjadi 75,68 pada siklus II dengan ketuntasan belajar awal 40,90% pada siklus I meningkat menjadi 72,72% dan pada siklus II menjadi 100%. Simpulan yang dapat diambil dari hasil tersebut adalah penggunaan model pembelajaran Make A Match dengan media gambar dalam pelaksanaan proses pembelajaran mampu meningkatkan prestasi belajar kognitif dalam pengenalan huruf siswa kelompok B3 semester I TK Negeri Pembina Gianyar tahun pelajaran 2018/2019. Kata kunci: Model Make A Match, Media Gambar, Prestasi Belajar

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Depositing User: LPPM IKIP PGRI bali
Date Deposited: 13 Mar 2020 05:46
Last Modified: 13 Mar 2020 05:46
URI: http://repo.ikippgribali.ac.id/id/eprint/778

Actions (login required)

View Item View Item