MODEL MASTERY LEARNING MELALUI TUTOR TEMAN SEBAYA SEBAGAI USAHA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR INDONESIA

Parwati, Gusti Ayu (2019) MODEL MASTERY LEARNING MELALUI TUTOR TEMAN SEBAYA SEBAGAI USAHA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR INDONESIA. Widyadari, 21 (26). pp. 1-14. ISSN 1907-3232

[img]
Preview
Text
GUSTI AYU PARWATI.pdf

Download (613kB) | Preview

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilakukan adalah untuk meningkatkan prestasi belajar setelah diterapkan model pembelajaran mastery learning melalui tutor teman sebaya. Penelitian tindakan kelas ini melibatkan siswa kelas VI semester II SD Negeri 6 Sesetan tahun pelajaran 2018/2019 sebagai subjek penelitian yang dilakukan dalam dua siklus melalui tahapan-tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi/pengamatan dan refleksi. Tes prestasi belajar merupakan alat yang digunakan dalam mengumpulkan data hasil penelitian yang selanjutnya dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan adanaya peningkatan kemampuan siswa mengikuti proses pembelajaran dari rata-rata awal 65,55 meningkat menjadi 69,11 pada siklus I dan meningkat menjadi 81,87 pada siklus II dengan ketuntasan belajar awal 29,79% pada siklus I meningkat menjadi 61,71% dan pada siklus II meningkat menjadi 97,87%. Simpulan yang dapat diambil dari hasil tersebut adalah penerapan model pembelajaran mastery learning melalui tutor teman sebaya dalam pelaksanaan proses pembelajaran para mampu meningkatkan prestasi belajar. Kata kunci : Model Pembelajaran Mastery Learning, Tutor Teman Sebaya, Prestasi Belajar Indonesia.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Depositing User: LPPM IKIP PGRI bali
Date Deposited: 12 Mar 2020 01:29
Last Modified: 12 Mar 2020 01:29
URI: http://repo.ikippgribali.ac.id/id/eprint/757

Actions (login required)

View Item View Item