PENGGUNAAN METODE DISKUSI KELOMPOK KECIL UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKN SISWA KELAS V SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2017/2018 DI SD NEGERI 1 ABANG BATUDINDING KECAMATAN KINTAMANI

Tirta Sucita, Ida Ayu Putu (2019) PENGGUNAAN METODE DISKUSI KELOMPOK KECIL UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKN SISWA KELAS V SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2017/2018 DI SD NEGERI 1 ABANG BATUDINDING KECAMATAN KINTAMANI. Widyadari, 21 (26). pp. 1-8. ISSN 1907-3232

[img]
Preview
Text
IDA AYU PUTU TIRTA SUCITA.pdf

Download (699kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya prestasi belajar PKn siswa. Dalam hal ini dilaksanakan di SD Negeri 1 Abang Batudinding di Kelas V semester II tahun pelajaran 2017/2018 yang prestasi belajar PKn masih rendah. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah metode diskusi kelompok kecil dapat meningkatkan prestasi belajar PKn siswa. Metode pengumpulan datanya adalah tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah metode diskusi kelompok kecil dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh dari rata-rata awal 65,14, pada siklus I 73,10 dan meningkat menjadi 84,00 pada siklus II dengan ketuntasan belajar pada awalnya 52% setelah diberikan tindakan pada siklus I meningkat menjadi 76% dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 95%. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah metode diskusi kelompok kecil dapat meningkatkan prestasi belajar PKn siswa kelas V semester II di SD Negeri 1 Abang Batudinding tahun pelajaran 2017/2018. Kata kunci: metode diskusi kelompok kecil, prestasi belajar PKn

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Depositing User: LPPM IKIP PGRI bali
Date Deposited: 10 Mar 2020 03:40
Last Modified: 10 Mar 2020 03:40
URI: http://repo.ikippgribali.ac.id/id/eprint/735

Actions (login required)

View Item View Item