Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Prakarya Dan Kewirausahaan Pada Siswa KelasXI Tata Boga B SMK Negeri 3 Denpasar Tahun Pelajaran 2017/2018

Cahayani, Ni Luh Putu and adnya, i gusti bagus ardana (2018) Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Prakarya Dan Kewirausahaan Pada Siswa KelasXI Tata Boga B SMK Negeri 3 Denpasar Tahun Pelajaran 2017/2018. Social Studies, 6 (2). pp. 1-5. ISSN 2301-4695

[img]
Preview
Text
1-5 JURNAL ARYA SUWARTANA.FINISH.pdf

Download (141kB) | Preview
Official URL: https://ojs.ikippgribali.ac.id/index.php/socialstu...

Abstract

Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Prakarya dan Kewirausahaan pada Siswa Kelas XI Tata Boga B SMK Negeri 3 Denpasar Tahun Pelajaran 2017/2018.Pendidikan merupakan salah satu faktor utama dalam meningkatkan martabat dan kualitas bangsa. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin pesat dan tantangan globalisasi semakin hebat, yang mengakibatkan persaingan diberbagai bidang kehidupan, termasuk bidang pendidikan.Dalam penelitian tindakan kelas) ini diterapkan model pembelajaran project based learning yang bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar prakarya dan kewirausahaan pada siswa kelas XI Tata Boga B SMK Negeri 3 Denpasar tahun pelajaran 2017/2018. Data diperoleh dengan menggunakan tiga metode yaitu metode wawancara, metode observasi, dan metode tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif.Pada siklus I, skor rata-rata prestasi belajar siswa kelas XI Tata Boga B SMK Negeri 3 Denpasar pada mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan adalah 73,32 dan ketuntasan klasikal mencapai 38,23%. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan rata-rata prestasi belajar siswa sebesar 5,38 yaitu, dari 67,94 pada refleksi awal menjadi 73,32 pada siklus I. Pada siklus II, skor rata-rata hasil belajar siswa kelas XI Tata Boga B SMK Negeri 3 Denpasar pada mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan adalah 80,38 dan ketuntasan klasikal mencapai 100%.Perubahan prestasi belajar siswa pada siklus I dan siklus II adalah sebesar 7,06 yaitu, dari 73,32 pada siklus I menjadi 80,38 pada siklus II. Dari penjabaran siklus I dan siklus II dapat diketahui bahwa penerapan model pembelajaran project based learning dapat meningkatkan prestasi belajar prakarya dan kewirausahaan siswa kelas XI Tata Boga B SMK Negeri 3 Denpasar.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Project Based Learning dan Prestasi Belajar Prakarya dan Kewirausahaan.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan Sosial > Program Studi Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Ni Luh Putu Cahayani
Date Deposited: 26 Nov 2019 03:34
Last Modified: 26 Nov 2019 03:34
URI: http://repo.ikippgribali.ac.id/id/eprint/500

Actions (login required)

View Item View Item