KOLABORASI PEMBELAJARAN DONGENG DAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DAPAT MENUMBUHKAN SIKAP ILMIAH DAN PENDIDIKAN KARAKTER PESERTA DIDIK PADA EKSKUL KIR DI SMP GANESHA DENPASAR

Ratnadi, Ni Wayan and Suanda, I Wayan (2011) KOLABORASI PEMBELAJARAN DONGENG DAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DAPAT MENUMBUHKAN SIKAP ILMIAH DAN PENDIDIKAN KARAKTER PESERTA DIDIK PADA EKSKUL KIR DI SMP GANESHA DENPASAR. Widyadari, 8 (13). pp. 87-107. ISSN 1907-3232

[img]
Preview
Text
Artikel Koalisi Ilutung dg I Macan.pdf

Download (718kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran dongeng memberikan inspirasi untuk mendekatkan diri antara orang tua dengan anak, demikian juga dapat memberikan daya tarik kepada peserta didik dalam proses pembelajaran di sekolah. Pembelajaran dongeng “Koalisi I Lutung dengan I Macan” dikolaborasi dengan pembelajaran kontekstual, dimana guru menghadirkan dunia nyata dalam pembelajaran di kelas dan mendorong peserta didik mampu menghubungkan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sehari-hari, sementara peserta didik memperoleh pengetahuan dan keterampilan dari konteks yang terbatas, sedikit demi sedikit, dari proses mengkontruksi sendiri, sebagai bekal untuk memecahkan masalah dalam kehidupannya. Pembelajaran ini diberikan kepada peserta didik yang mengambil ekstrakurikuler Karya Ilmiah Remaja (ekskul KIR) di SMP Ganesha Denpasar. Kolaborasi pembelajaran kontekstual dan cerita dongeng ini, memunculkan ide inovatif dan kreatif peserta didik untuk membuktikan melalui penelitian ilmiah sederhana. Dalam tulisan ini ditekankan pada percobaan bahwa daun Terap (Artocarpus elastica) tidak mau dimakan oleh Rayap (Macrotermes gilvus (Hagen)). Tujuan penelitian ini adalah unntuk mengetahui munculnya sikap ilmiah dan pendidikan karakter serta pelestarian lingkungan dan budaya pada peserta didik, melalui pembelajaran dongeng dan pembuktian melalui percobaan sederhana tentang aktivitas insektisida ekstrak daun Terap (A. elastica) terhadap hama Rayap (M. gilvus (Hagen)). Hasil penelitian ini menunjukkan tertanam nilai-nilai luhur, sehingga terinternalisasi dalam diri peserta didik yang mendorong dan terwujud dalam sikap serta perilaku yang baik. Sikap ilmiah peserta didik tumbuh untuk melakukan percobaan sederhana. Ekstrak daun Terap (A. elastica) mempunyai aktivitas antifidan (mengurangi nafsu) pada hama Rayap (M. gilvus (Hagen)).

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Dongeng, Kontekstual, Sikap Ilmiah, Pendidikan Karakter, Ekstrak, Rayap
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GR Folklore
L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Depositing User: Rees Jati Prakasa
Date Deposited: 04 May 2018 01:16
Last Modified: 04 May 2018 01:16
URI: http://repo.ikippgribali.ac.id/id/eprint/38

Actions (login required)

View Item View Item