AKTIVITAS FUNGISIDA EKSTRAK SEMBUNG DELAN ( Sphaeranthus indicus.L.) TERHADAP Phytophthora infestans PENYEBAB PENYAKIT HAWAR DAUN PADA TANAMAN KENTANG

Suanda, I Wayan (2006) AKTIVITAS FUNGISIDA EKSTRAK SEMBUNG DELAN ( Sphaeranthus indicus.L.) TERHADAP Phytophthora infestans PENYEBAB PENYAKIT HAWAR DAUN PADA TANAMAN KENTANG. Working Paper. IKIP PGRI Bali. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
ARTIKEL DM.pdf

Download (315kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas fungisida ekstrak sembung delan (S. indicus L.) terhadap P. infestans. Dalam skala laboratorium pengujian dilakukan dengan menumbuhkan koloni jamur di dalam cawan petri yang mengandung media PDA dan ekstrak kasar sembung delan dengan konsentrasi 0% sampai 5%. Sedangkan uji lapangan dengan konsentrasi yang sama formulasi ekstrak kasar sembung delan dilakukan dengan menggunakan rancangan acak kelompok (RAK), dengan parameter yang diamati adalah intensitas serangan P. infestans, jumlah umbi dan berat umbi kentang yang dihasilkannya. Hasil penelitian secara In - vitro diperoleh, daya hambat ektrak kasar sembung delan pada konsentrasi 1% sampai 5% menunjukkan hasil yang signifikan (P<0,05) bila dibandingkan dengan kontrol. Daya hambat tertinggi tejadi pada konsentrasi 4% dan 5% dengan persentase daya hambat mencapai 100% sampai pada hari ke 8 masa inkubasi. Sedangkan di lapangan, Intensitas serangan menunjuKkan ada perbedaan yang nyata (P<0,05) antara perlakuan formulasi ekstrak sembung delan dengan kontrol. Namun tidak ada perbedaan yang berarti setelah tanaman berumur lebih dari 61 hst. Rata-rata intensitas serangan pada perlakuan dengan konsentrasi 3%, 4% dan 5% pada umur tanaman 58 hst kurang atau hanya sampai 50%, jika dibandingkan pada kontrol sampai pada perlakuan dengan konsentrasi 2%. Jumlah umbi yang dihasilkan antara kontrol dengan perlakuan tidak menunjukkan perbeda yang berarti (P>0,05), tetapi terdapat perbedaan yang signifikan (P<0,05) pada berat umbi yang dihasilkan. Rata –rata terjadi peningkatan persentase berat umbi berkisar antara 31,9% sampai 46%.

Item Type: Monograph (Working Paper)
Uncontrolled Keywords: Sembung delan, Formulasi, kentang, Phytophthora infestans
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QL Zoology
Q Science > QR Microbiology
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Depositing User: Rees Jati Prakasa
Date Deposited: 03 May 2018 04:34
Last Modified: 03 May 2018 04:40
URI: http://repo.ikippgribali.ac.id/id/eprint/28

Actions (login required)

View Item View Item