KAJIAN PSIKOLINGUISTIK BUKU TEKS BAHASA INDONESIA SISWA KELAS I SEKOLAH DASAR

Arnawa, Nengah (2016) KAJIAN PSIKOLINGUISTIK BUKU TEKS BAHASA INDONESIA SISWA KELAS I SEKOLAH DASAR. Project Report. -, Denpasar. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
KAJIAN PSIKOLINGUISTIK BUKU TEKS BAHASA INDONESIA SISWA KELAS I SEKOLAH DASAR-min.pdf

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Hasil Peer Review Laporan Penelitian Kajian Psikolinguistik Buku Teks Bahasa Indonesia Siswa Kelas I Sekolah Dasar.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Surat Keterangan dan Laporan Penelitian Kajian Psikolinguistik Buku Teks Bahasa Indonesia Siswa Kelas I Sekolah Dasar.pdf

Download (647kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi pemikiran bahwa buku teks memiliki peran penting dalam meningkatkan mutu pembelajaran bahasa dan sastraIndonesia di sekolah dasar. Pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di sekolah dasar memiliki nilai strategis. Dikatakan strategis karena keterampilan berbahasa Indonesia dapat menjadi sarana penguasaan dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Data statistik menunjukan bahwa terdapat 10,2 % siswa kelas I sekolah dasar tinggal kelas. Tingginya angka tinggal kelas di kelas I sekolah dasar diduga karena kebanyakan dari mereka yang belum menguasai bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar dalam pendidikan. Untuk menanggulangi persoalan ini, tamapaknya dibutuhkan buku teks pelajaran bahasa Indonesia yang memadai sesuai dengan kompetensi linguistik dan kebutuhan pembelajaran bahasa Indonesia untuk siswa kelas I Sekolah Dasar. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini bertujuan (1) mengetahui deskripsi aspek kebahasaan dalam buku teks pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas I pada Sekolah Dasar berdasarkan kebutuhan pemebelajaran bahasa Indonesia; (2) mengetahui deskripsi aspek keterampilan berbahasa dalam buku teks pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas I pada Sekolah Dasar berdasarkan kebutuhan pengembangan keterampilan berbahasa Indonesia: dan (3) mengetahui deskripsi penataan materi pelajaran bahasa Indonesia dalam buku teks pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas I pada Sekolah Dasar berdasarkan pertimbangan linguistik-pedagogik. Pelaksanaan penelitian ini berpijak pada dua teori utama, yaitu teori tentang buku teks dan teori tentang pembelajaran bahasa. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan metode pencatatan dokumen dan metode angket dengan pola Likert skala 5. Data yang diperoleh berupa data kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan data yang diperoleh dapat disimpulkan (1) aspek kebahasaan dalam buku teks pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas I pada Sekolah Dasar sesuai kebutuhan pembelajaran bahasa Indonesia, kecuali pada pola kalimat; (2) aspek keterampilan berbahasa dalam buku teks pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas I pada Sekolah Dasar sesuai kebutuhan pengembangan keterampilan berbahasa Indonesia; dan (3) psikolinguistik telah dipertimbangkan dalam penataan materi pelajaran bahasa Indonesia dalam buku teks pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas I pada Sekolah Dasar.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: kompetensi linguistik, aspek kebahasaan, aspek keterampilan, psikolinguistik
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia dan Daerah
Depositing User: Nengah Arnawa
Date Deposited: 13 Sep 2019 07:42
Last Modified: 01 Jun 2020 00:17
URI: http://repo.ikippgribali.ac.id/id/eprint/264

Actions (login required)

View Item View Item