PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS ASESMEN KINERJA DAN BAKAT NUMERIK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS X SMA N 7 DENPASAR TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Sukendra, I Komang (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS ASESMEN KINERJA DAN BAKAT NUMERIK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS X SMA N 7 DENPASAR TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Working Paper. IKIP PGRI Bali, Denpasar, Indonesia. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
artikel-juni-2017.pdf

Download (293kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya interaksi dan pengaruh model pembelajaran problem based learning berbasis asesmen kinerja dan bakat numerik terhadap hasil belajar matematika peserta didik. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu ( Quasi Eksperimen ). Penelitian ini mempunyai kelompok kontrol, tetapi tidak sepenuh nya untuk mengontrol variabel - variabel luar yang mempengaruhi pelaksanaan eksperimen. Desain penelitian yang digunakan dalam eksperimen ini adalah Treatment By Level (2x2 ) dimana salah satu variabel bebasnya akan berfungsi sebagai variabel moderator . Populasi pada penelitian adalah seluruh peserta didik kelas X SMA N 7 Denpasar pada Tahun Pelajaran 2016/2017 sebanyak 9 kelas IPA dan 3 kelas IPS dengan 430 orang. Sampel dipilih sebanyak 4 kelas yaitu kelas X IPA 2 dan X IPA 4 sebagai kelompok eksp erimen dan kelas X IPA 6 dan X IPA 7 sebagai kelompok kontrol dengan teknik multistage random sampling . Instrumen dalam penelitian berupa metode tes hasil belajar matematika dan tes bakat numerik. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji hipot esis ANAVA dua jalur dan Uji Tukey. Berdasarkan hasil perhitungan Anava dua jalur menunjukkan bahwa nilai F untuk interaksi AxB diperoleh F hitung sebesar 13,72 , sedangkan F tabel dengan taraf signifikansi 5% dan db D 76 sebesar 3,97 . Ini menunjukkan bahwa F hitung > F tabel(0,05)(1, 76 ) (13,72 > 3,97), sehingga hipotesis nol (H o ) ditolak dan H 1 diterima. Berdasarkan hasil perhitungan uji Tukey diperoleh Q hitung sebesar 6,19 sedangkan Q tabel untu k taraf signifikansi 5%, dengan k = 4 dan n = 20 sebesar 3,96 . Te rnyata Q hitung > Q tabel(0,05)(4,20 ), (6,19 > 3,96) , sehingga hipotesis nol (H o ) ditolak dan H 1 diterima. Dari hasil analisis data diperoleh : (1) ada interaks i antara model pembelajaran dan bakat numerik peserta didik te rhadap hasil belajar matematika (2) ada perbedaan hasil belajar matematika antara peserta didik yang mengikuti model problem based learning berbasis asesmen kinerja dengan peserta didik yang mengikuti model konvensional pada peserta didik yang memiliki bak at numerik tinggi, (3) ada perbedaan hasil belajar matematika antara peserta didik yang mengikuti model problem based learning berbasis asesmen kinerja dengan peserta didik mengikuti model konvensional pada peserta didik yang memiliki bakat numerik rendah. Berdasarkan temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa ada interaksi dan pengaruh model pembelajaran problem based learning berbasis asesmen kinerja dan bakat numerik terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas X SMA N 7 Denpasar Tahun Pelajaran 2 016/2017.

Item Type: Monograph (Working Paper)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Problem Based Learning Berbasis Asesmen Kinerja, Bakat Numerik, dan Hasil belajar.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Depositing User: Rees Jati Prakasa
Date Deposited: 28 Mar 2018 01:22
Last Modified: 03 May 2018 04:06
URI: http://repo.ikippgribali.ac.id/id/eprint/15

Actions (login required)

View Item View Item