PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PEMECAHAN MASALAH BERORIENTASI MASALAH MATEMATIKA TERBUKA PADA MAHASISWA SEMESTER V FP - MIPA IKIP PGRI BALI TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Sukendra, I Komang (2016) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PEMECAHAN MASALAH BERORIENTASI MASALAH MATEMATIKA TERBUKA PADA MAHASISWA SEMESTER V FP - MIPA IKIP PGRI BALI TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Working Paper. IKIP PGRI Bali, Denpasar, Indonesia. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
artikel2016.pdf

Download (341kB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran matematika selama ini dilakukan dosen cenderung melalui pembelajaran dan penjelasan ben tuk umum dilanjutkan dengan menjelaskan contoh soal formal dengan langkah - langkah pengerjaannya dan mahasiswa menirukan. Kemampuan pemecahan masalah matematika maha sisw a yang masih tergolong rendah, h al ini disebabkan masih masalah yang disajikan oleh dosen didominasi oleh penyajian masalah tertutup, kurang menekankan pada pengintegrasian pemecahan masalah, dan cenderung hanya dihadapkan pada penyajian masalah yang kurang memberikan ruang pada maha sisw a untuk berkreativitas. Dengan penerapan model pembelajaran pemec ahan masalah matematika terbuka dimana masalah matematika yang dirumuskan sedemikian rupa sehingga memiliki lebih dari satu jawaban yang benar, dengan berbagai kemungkinan prosedur pemecahann ya . Rumusan masalah dalam penelitian ini apakah ada pengaruh penerapan model pembelajaran pemecahan masalah berorientasi masalah matematika terbuka pada mahasiswa semester V FP - MIPA IKIP PGRI Bali p ada tahun pelajaran 2016/2017. T ujuan penelitian ini adalah untuk menetahui ada tidaknya pengaruh penerapan model pembelajaran pemecahan masalah berorientasi masalah matematika terbuka pada mahasiswa semester V FP - MIPA IKIP PGRI Bali p ada tahun pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu, dengan r ancangan penelitian None Equiva len Posttest - Only Control Group Design . Dalam penelitian ini terdapat satu variabel bebas yaitu model pembelajaran, dimana model pembelajaran dibedakan menjadi dua level yaitu model pembelajaran pemecahan masalah berorientasi masalah matematika terbuka dan model pembelajaran pemecahan masalah serta satu variabel terikat yaitu hasil belajar. P opulasi dalam penelitian ini seluruh mahasiwa semester V FP - MIPA IKIP PGRI Bali tahun pelajar an 2 016/2017 yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah 83 maha siswa. Pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan teknik random sampling , tetapi yang dirandom adalah kelas. Sebelum pengambilan sampel terlebih dahulu dilakukan uji kesetaraan menggunakan uji - t. Pengumpulan data hasil belajar matematika dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar matematika . Berdasarkan hasil analisis data di atas diperoleh t hitung = 2,91. D engan taraf signifikansi 5% dan derajat kebebasan untuk d b = 46 – 2 = 44, maka diperoleh t t abel = 1,988 sedangkan sehingga t hit ung > t t abel , dapat disimpulkan bahwa hipotesis alternatif (H 1 ) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Ini berarti ada pengaruh penerapan model pembelajaraan pemecahan masalah berorientasi masalah matematika terbuka terhadap hasil belajar mahasiswa semester V FP - MIPA IKIP PGRI Bali pada tahun pelajaran 2016/2017.

Item Type: Monograph (Working Paper)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Model pembelajaran, hasil belajar
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Depositing User: Rees Jati Prakasa
Date Deposited: 28 Mar 2018 01:15
Last Modified: 03 May 2018 04:07
URI: http://repo.ikippgribali.ac.id/id/eprint/14

Actions (login required)

View Item View Item