MODEL PEMBELAJARAN MASTERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKN SISWA KELAS V SEMESTER II DI SD NEGERI 1 PENGOTAN KECAMATAN BANGLI TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Agetania, Ni Luh Putu (2020) MODEL PEMBELAJARAN MASTERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKN SISWA KELAS V SEMESTER II DI SD NEGERI 1 PENGOTAN KECAMATAN BANGLI TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Widyadari. pp. 120-128. ISSN 2613-9308

[img]
Preview
Text
NI LUH PUTU AGETANIA.pdf - Other

Download (745kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran yang telah dilaksanakan selama ini lebih ke hal-hal yang abstrak. Sehingga, siswa belum dapat memahami materi yang disampaikan guru dengan baik. Hal itu telah menyebabkan rendahnya prestasi belajar yang diperoleh siswa. Oleh karena itu, diperlukan model pembelajaran yang tepat untuk mengajarkannya agar mereka mudah dalam menerima pelajaran yang lebih cenderung bersifat abstrak ini. Penerapan cara belajar aktif melalui model pembelajaran mastery learning diupayakan untuk dapat meningkatkan prestasi belajar PKn siswa di kelas V semester II SD Negeri 1 Pengotan tahun pelajaran 2017/2018 yang dijadikan sebagai lokasi penelitian. Tujuannya, agar prestasi belajar yang dicapai siswa dapat ditingkatkan sesuai dengan KKM yang diharapkan. Untuk mengetahui tingkat keberhasilan pelaksanaan tindakan dilakukan tes prestasi belajar PKn yang kemudian dianalisis secara deskriptif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran mastery learning dapat meningkatkan prestasi belajar PKn siswa. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh dari data awal 67,17, pada Siklus I meningkat menjadi 76,23. Dari Siklus I ke Siklus II naik menjadi 84,72 dengan ketuntasan belajar awal baru mencapai 60%, siklus I meningkat menjadi 73% siklus II meningkat menjadi 97%. Hal itu membuktikan bahwa model pembelajaran mastery learning yang diterapkan guru dalam proses pembelajaran telah mampu meningkatkan prestasi belajar PKn siswa dengan baik, serta model ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran PKn yang dapat dilakukan guru. Kata kunci: model pembelajaran mastery learning, prestasi belajar PKn

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Depositing User: LPPM IKIP PGRI bali
Date Deposited: 27 Aug 2020 01:19
Last Modified: 27 Aug 2020 01:19
URI: http://repo.ikippgribali.ac.id/id/eprint/1257

Actions (login required)

View Item View Item