Meningkatkan aktifitas dan hasil belajar fisika melalui penerapan model pembelajaran siklus belajar hipotetik-deduktif

Sudana, I Made (2020) Meningkatkan aktifitas dan hasil belajar fisika melalui penerapan model pembelajaran siklus belajar hipotetik-deduktif. Indonesian Journal of Educational Development, 1 (1). pp. 112-121. ISSN 2722-1059

[img]
Preview
Text
12. I Made Sudana_Prod 112-121.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (101kB) | Preview
Official URL: https://ojs.ikippgribali.ac.id/index.php/ijed/arti...

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, bertujuan untuk mengetahui efektivitas Model Pembelajaran Siklus Belajar Hipotetik-Deduktif sebagai upaya untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fisika. Subjek penelitian adalah siswa kelas X-MIPA3 SMA Negeri 4 Denpasar yang berjumlah 36 orang pada tahun pelajaran 2015/2016. Objek penelitian ini adalah aktivitas dan hasil belajar Fisika siswa pada materi pelajaran Gerak Lurus Beraturan (GLB) dan Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB). Data aktivitas belajar siswa dikumpulkan menggunakan lembar observasi, sedangkan data hasil belajar Fisika siswa dikumpulkan menggunakan tes hasil belajar. Kriteria keberhasilan penelitian ini ditetapkan sebagai berikut: (1 aktivitas siswa minimal kategori aktif, (2) rerata hasil belajar siswa minimal 76, dan (3) Ketuntasan Belajar Klasikal minimal 85%. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif. Pada akhir siklus II, hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) aktivitas siswa tergolong kategori aktif, (2) rerata hasil belajar siswa mencapai 79,50 dan (3) ketuntasan belajar mencapai 88,89%. Kesimpulan, Model Pembelajaran Siklus Belajar Hipotetik-Deduktif efektif meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X-MIPA3 SMA Negeri 4 Denpasar pada tahun pelajaran 2015/2016.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Hypothetic-Deductive learning cycle model, activities, physics learning outcomes
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: LPA - Lembaga Pengembangan Akademik
Depositing User: Rees Jati Prakasa
Date Deposited: 07 Jun 2020 21:10
Last Modified: 07 Jun 2020 21:10
URI: http://repo.ikippgribali.ac.id/id/eprint/1162

Actions (login required)

View Item View Item